Rss Feed


  1. Kemaren-kemaren aku sudah mengulas pengalamanku transfer tanpa rekening di BNI, sekarang gantian nulis pengalaman transfer tanpa rekening di BCA.

    Pengalaman transfer tanpa rekening di BCA ini sebenernya termasuk pengalaman transfer (buatku) yang paling pertama. Aku mulai lincah transfer ke bank lain tanpa rekening berkat pengalaman di BCA ini.

    Oke, ini semua karena aku suka belanja buku di toko buku online. Seringnya mereka menyediakan rekening BCA (Bank sejuta umatlah ya dan banyak fasilitas menguntungkan gitu). Dulunya aku awam bangetlah soal transfer-transfer lewat Bank ini. Eh, terus kalok mau beli buku di toko buku online harus pakai transfer bank, jadilah aku belajar transfer tanpa rekening ini.




    Jadi, transfer tanpa rekening ini selalu dilakukan lewat setor tunai (langsung di teller)

    Berikut ceritanya :

    Pergi ke Bank BCA
    Di Semarang ini, Bank BCA tersebar di mana-mana. Kalok aku baru pernah ke dua tempat yaitu BCA yang di Jalan Pandanaran (Google Maps) dan BCA yang di Jalan Pemuda (Google Maps). Bank BCA ini buka hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 - 15.00. Ada juga weekend banking. Khusus untuk Semarang, BCA yang melayani weekend banking hanya BCA di Jalan Pemuda, itupun hari Sabtu saja. 

    Mengisi formulir
    Yak, kalok transfer tanpa rekening di BCA memang harus mengisi formulir BUKTI SETORAN. Biasanya aku mengisi formulir ini sebelum pergi ke bank jadi di bank nya tinggal antre. 
    Bagi yang pertama kali ke BCA tentunya harus isi formulir dulu.

    Berikut formulir BUKTI SETORAN







    Setelah formulir diisi (sebaiknya uang yang ditransfer juga sudah disiapkan), barulah mulai antre. Antre di BCA ini tidak pakai nomor antrean melainkan langsung ada jalur khusus (biasanya ada dua yaitu setoran sampai 10 juta dan setoran di atas 10 juta). Duduklah di tempat sesuai dengan nominal uang yang mau ditransfer. Cara mengantre ini miriplah dengan cara ngantre tiket di bioskop.



    Transfer lewat setor tunai di teller bank BCA

    1. Sampai di teller, bisa langsung melakukan proses transfer. Teller akan menanyakan keperluan kita, lalu kita tinggal menyerahkan formulir bukti setoran dan uang yang mau ditransfer.
    2. Perlu diperhatikan, akan ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000 jadi siapkan uang lebih (nominal uang yang ditransfer + Rp 5.000)
    3. Karena tidak ada rekening, biasanya teller akan mengecek kartu identitas (biasanya sih KTP).
    4. Teller akan memproses transferan dan transfer selesai.



    Yak, begitulah cara transfer tanpa rekening di BCA. Mudah bukan ?

    Perlu diperhatikan, saat mengisi nominal uang yang mau ditransfer yang ditulis adalah nominal uang yang ditransfer tanpa biaya tambahan Rp 5.000 (biasanya biaya tambahan ini ditulis oleh teller). Hihihi, dulu aku pernah salah tulis. Yang ta' tulis nominal uang plus Rp 5.000, jadi kikuk merasa bersalah deh sama tellernya. Maklum waktu itu masih pertama-tama transfer di BCA.

    Untuk sekarang ini sih, aku sudah nggak pernah lagi transfer tanpa rekening di BCA. Dulu sih sering banget, semacam langganan lah (karena sering belanja online). Belakangan ini sih, kalok toko online nya ada nomor rekening bank lain (misal BNI atau Mandiri) aku lebih milih transfer di bank lain itu. Yaa ini dikarenakan ada biaya tambahan Rp 5.000 itu, lama-lama kalok diitung ya banyak banget jadinya, jadilah aku memilih transfer tanpa rekening di bank lain yang tidak ada biaya tambahannya.





  2. 8 comments:

    1. Unknown mengatakan...

      haloo aku boleh tanya? kalo misalnya nggak ada ktp (karna masih dibawah umur) itu gimana yaa kartu identitasnya? pakai kartu pelajar atau malah nggak bisa transfer? hehehe makasih yaa :)

    2. Miss Aquanette mengatakan...

      Untuk wallflower soo,

      "haloo aku boleh tanya? kalo misalnya nggak ada ktp (karna masih dibawah umur) itu gimana yaa kartu identitasnya? pakai kartu pelajar atau malah nggak bisa transfer? hehehe makasih yaa :)"

      Menurutku, kartu pelajar sih bisa. Yang penting sih ada kartu identitas. Sayangnya aku belum pernah mengalami tidak pakai KTP jadi kurang valid juga. Menurutku sih, jelaskan saja ke teller bahwa belum punya KTP dan siapkan kartu identitas lain jika diminta. Semoga membantu ya

    3. Vanya mengatakan...

      Haii,,tanya yaa.. bisa g tf dari bca ke bank lain tanpa punya rekning. Trus btas tfnya berapa

    4. Miss Aquanette mengatakan...

      Untuk Vanya,

      "Haii,,tanya yaa.. bisa g tf dari bca ke bank lain tanpa punya rekning. Trus btas tfnya berapa"

      Transfer tanpa rekening dari BCA ke Bank lain ? Bisa benget. Intinya sama seperti transfer antar bank biasa.
      Batas transfernya berapa ? Maaf aku kurang tahu karena belum pernah mengalami. Selama ini setiap transfer tanpa rekening di BCA pasti rekening tujuannya BCA juga.
      Saranku sih jika harus transfer tanpa rekening, coba transfer di bank yang sama dengan rekening tujuan. Rekening tujuan BNI ya transfer lewat setoran tunai di BNI dan seterusnya.

      Semoga membantu ya

    5. Unknown mengatakan...

      Hallo kak, kalo saya mau stor ke teller bank bca tanpa membawa ktp asli apakah bisa? tapi saya membawa fotopcopy ktp. Terimakasih :)

    6. Miss Aquanette mengatakan...

      Untuk zivannashop sukabumi,

      "Hallo kak, kalo saya mau stor ke teller bank bca tanpa membawa ktp asli apakah bisa? tapi saya membawa fotopcopy ktp. Terimakasih :)"


      Sebelumnya maaf ya, aku ndak bisa menjawab pertanyaannya. Selama ini tiap transfer lewat setor tunai di BCA, aku selalu pakai KTP asli.
      Mungkin bisa dicoba langsung di teller BCA, atau kalau mau lebih aman sediakan juga kartu identitas lain misalnya SIM dan sebagainya.

      Maaf ya kalau kurang membantu.

    7. Misteriyus mengatakan...

      Hay min, mau tanya. Itu format pengisian formulir bukti setorannya bagaimana ya? Kasih contoh dan penjelasan. Terima kasih.

    8. Yoshilla Radeizellia mengatakan...

      kak nanti kita kan dapat bukti transfer berupa kertas biru gitu, nah mau tanya letak wktu transfer nya dimana?penting banget kak soalnya ditanyain jam berapa transfernya

    Posting Komentar